BRIGPOL GASPAR BERSAMA PEMERINTAH DESA BERIKAN SOSIALISASI PERLINDUNGAN ANAK

BRIGPOL GASPAR BERSAMA PEMERINTAH DESA BERIKAN SOSIALISASI PERLINDUNGAN ANAK

Tribratanewslembata.com – Bhabinkamtibmas Desa Tapobali Brigpol Gaspar R. Kolin bersama Sekretaris Kecamatan Wulaandoni memberikan sosialisasi tentang perlindungan anak di kantor desa Pantai Harapan, Kec. Wulandoni, Kab. Lembata.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Brigpol Gaspar memberikan himbauan kepada masyarakat bahwa anak adalah bagian penting dalam masyarakat yang perlu diberikan perlindungan bukan hanya dalam keluarga melainkan dalam lingkungan masyarakat juga untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak baik dalam segi fisik maupun mental. Menurutnya lingkungan masyarakat juga memegang peran penting dalam pertumbuhan psikologis anak yang nantinya dengan pengawasan dan bimbingan dari lingkungan masyarakat, anak-anak dapat terhindar dari tingkah laku kenakalan remaja yang mana apabila dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan pola tingkah laku yang buruk dan berpotensi melakukan tindak pidana.

Brigpol Gaspar juga menjelaskan bahwa kemungkinan anak melakukan kenakalan remaja sampai dengan tindak pidana bisa diselesaikan dengan jalan keadilan restorative atau melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku/ korban, dan pihak-pihak terkait lainnya untuk bersama-sama dapat mencari cara penyelesaian masalah dengan adil dengan menekankan kepada pemulihan kembali dan bukan dengan cara pembalasan.

Ia juga menegaskan tentang ancaman hukuman tindak pidana dengan korban anak dibawah umur seperti kasus kekerasan, pencabulan, dan lain-lain yang sering terjadi di lingkungan masyarakat.

Dengan adanya sosialisasi tentang perlindungan anak ini, Brigpol Gaspar berharap dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap anak. (A.D).

(HUMAS POLRES LEMBATA)