Jelang Natal Dan Tahun Baru Polres Lembata Lakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral "Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Ranakah - 2021"

Jelang Natal Dan Tahun Baru Polres Lembata Lakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Tribratanewslembata - Rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan operasi kepolisian terpusat Lilin Ranakah-2021 Polres Lembata yang dipimpin langsung oleh Waka Polres Lembata Kompol Johanis Christian Tanauw didampingi DANDRAMIL 1624-03 Lewoleba yang diwakili oleh  Serma Paulino Suares. Senin (20/12/2021) pukul 09.15 WITA.

Kegiatan yang bertempat di Aula Bhayangkari Polres Lembata itu turut dihadiri pula oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kab.Lembata, Kepala dinas kesehatan, Kepala dinas perhubungan, Kepala satuan polisi pamong praja, Kepala unit pengelolah bandar udara ( upbu ) wunopito Lewoleba, Ketua FKUB, Kepala Syahbandar Lewoleba, Camat Nubatukan, Romo Deken, Romo Blasius Kleden ( gereja baneux), Ketua MUI Kab.Lembata, Pendeta gereja solavide, Koordinator kesehatan pelabuhan, Ketua pemuda lintas agama( pelita), PJU Polres Lembata.

Usai mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa Kapolres dan ucapan salam kepada seluruh undangan rapat yang hadir Kapolres Lembata AKBP Yoce Marten, S.H., S.I.K., M.I.K melalui Waka Polres Lembata Kompol Johanis Christian Tanauw membuka Rapat Koordinasi tersebut dilanjutkan dengan arahan terkait jelang perayaan natal dan tahun baru dalam situasi pandemi covid-19.

Perayaan Natal dan Tahun baru kali ini masih diwarnai dengan adanya wabah virus corona-19, meski telah mengalami penurunan dengan gencarnya pelaksanaan vaksinasi massal oleh berbagai instansi namun munculnya varian baru Covid-19 Omicron mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam mengantisipasi penyebarannya di wilayah indonesia pada pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru kali ini.

Sebagai aktualisasi dari salah satu ciri budaya dan tradisi Bangsa Indonesia pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Lembata perayaan hari raya keagamaan dan hari raya lainnya mempunyai kecendrungan untuk merayakannya dengan keluarga dan lingkungan sosial dalam merayakan natal dan tahun baru.

Keamanan dan kenyamanan dalam merayakan natal dan tahun baru di wilayah kita merupakan tanggung jawab kita bersama dalam rangka menjunjung tinggi kerukunan sesama umat beragama dengan saling menjaga toleransi dengan menghargai semua pihak dan tentunya tidak terlepas dengan kebiasaan baru penerapan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

Oleh karena itu, melalui operasi "Lilin Ranakah -2021" yang akan digelar secara serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia pada tanggal 24 Desember 2021 s.d 02 Januari 2022 diharapkan dalam pelaksanaannya dapat dicegah sedini mungkin adanya tindakan pidana atau gangguan Kamtibmas yang mungkin terjadi dengan menghadirkan sosok Polri dan Mitra Kamtibmas lainnya ditengah masyarakat yang akan dan sedang melaksanakan ibadah termasuk penerapan protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Hal ini perlu mendapat perhatian kita bersama agar pelaksanaan operasi "Lilin Ranakah - 2021" ini dapat berjalan dengan baik sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta sehat. (41|A.L)

(HUMAS POLRES LEMBATA)